8.088 KTP el dimusnahkan Dindukcapil Bangka Tengah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DINDUKCAPIL) Kabupaten Bangka Tengah musnahkan 8.088 (delapan ribu delapan puluh delapan) KTP-el yang rusak atau invalid dengan cara dibakar di halaman DINDUKCAPIL Bateng pada Jumat, (21/12/2018) pagi. Pemusnahan dilakukan oleh Kepala DINDUKCAPIL Bateng yang didampingi seluruh Kepala OPD Bangka Tengah dan dihadiri oleh masyarakat setempat.

Kepala DINDUKCAPIL Bateng, Drs. Julhasnan, mengatakan bahwa pemusnahan KTP-el ini merupakan kedua kalinya dilakukan. Sebelumnya, sebanyak 9.161 (Sembilan ribu seratus enam puluh satu) keping KTP-el yang invalid.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pemusnahan E-KTP yang rusak pada tanggal 14 Desember 2018 lau,” jelas Julhasnan.

Kegiatan pemusnahan dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Medagri dengan Nomor: 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid, menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota untuk melakukan pencatatan dan pemusnahan dengan cara dibakar.

Julhasan melanjutkan, tujuannya adalah untuk mengantisipasi adanya pemalsuan, penyalahgunaan, dan praktik pemalsuan dokumen negara dalam hal KTP-el. “Ini merupakan kebijakan nasional, kebijakan dari Mendagri untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan terhadap pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara, Bupati Bangka Tengah yang diwakili Asisten Satu, Kartina, mengatakan, Polemik beredarnya KTP-el rusak beberapa saat lalu di media massa tentunya menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat khususnya pemerintahan di Indonesia. Kebijakan ini tentunya sangat tepat, mengingat dapat menghindari dan kecurangan terhadap orang-oarang yang dapat menyalahgunakan fungsinya.

”Kebijakan pemusnahan KTP-el yang digelar hari ini tentunya langkah yang sangat tepat. Kebijakan ini tentunya akan mengghindari yang dapat menimbulkan kecurangan atau pelanggaran, mengingat Indonesia saat ini telah memasuki masa pemilu,” ujarnya.

Ia mewakili Bupati Bateng mengucapkan terimakasih dan mengapreiasi langkah yang diambil DINDUKCAPIL Bateng sesuai intruksi Pemerintah Pusat untuk menertibkan dan melayani masyarakat soal KTP-el dengan baik.

Sumber: 
Kominfo Bateng
Fotografer: 
Editor: 
Tags: