Dirjen Dukcapil Kemendagri Hadiri Rakor Adminduk di Prov. Babel

Dalam rangka meningkatkan layanan administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Administrasi Kependudukan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Tanjung Pesona Beach Resort and Spa Jl. Pantai Rebo, Sungai Liat, Kepulauan Bangka Belitung, Senin-Selasa (22-23/02/2016).

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. hadir sebagai narasumber, didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang SDM Dr. Hj. Safitri, SE., M.Si. dan Kepala Biro Pemerintahan Prov. Babel Dr. Dra. Ellyana, M.Pd. Rakor diikuti tak kurang dari 50 orang peserta, yang merupakan para Pimpinan Tinggi, Administrator, dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Prov. Babel.

Prof. Zudan dalam paparannya menjelaskan terkait kebijakan penyelenggaraan administrasi kependudukan, di antaranya dasar hukum, ruang lingkup Adminduk, program/kegiatan dan anggaran, dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan bidang Adminduk, data kependudukan dan pemanfaatannya, penerapan KTP-el, peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran, serta masalah-masalah Adminduk lainnya. “Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui Dafduk, Capil, pengelolaan informasi adminduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain”, ungkap Prof. Zudan.

Dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 sebagai perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, di antaranya bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan NIK serta ketunggalan dokumen kependudukan.

Untuk menjamin keakurasian data kependudukan, Kemendagri melakukan konsolidasi dan pembersihan data kependudukan yang dilakukan secara berkala per semester dan diterbitkan. Untuk semester pertama pada tanggal 30 Juni dan semester kedua diterbitkan tanggal 31 Desember. “Data Kependudukan yang sudah dikonsolidasikan dan dibersihkan, dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Sampai dengan saat ini, terdapat 71 K/L yang telah memanfaatkan data kependudukan yang dikelola Kemendagri”, tegas Prof. Zudan di akhir paparannya.

Sumber: 
DITJEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KEMENDAGRI RI
Editor: 
Ferdiansyah. S.Kom
Tags: 
Rakor Adminduk Babel

Berita

07/08/2018 | Ferdiansyah, S. Kom
16/04/2018 | http://www.rakyatpos.com/disdukcapil-maksimalkan-pelayanan-melalui-sinovik.html/
20/03/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah
26/01/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah
13/01/2018 | http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/sekretaris-ditjen-apresiasi-cakupan-kepemilikan-akta-kelahiran
15/12/2017 | http://infoduk.babelprov.go.id/content/laporan-perkawinan-wajib-disampaikan-ke-dinas-kependudukan-dan-pencatatan-sipil
01/11/2017 | Ditjen Dukcapil Kemendagri RI
23/09/2017 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah