Dukcapil Bateng Giat Lakukan Sosialisasi Administrasi Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah di tahun 2015 harus lebih giat lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat bangka tengah tentang pentingnya administrasi kependudukan. Karena hal tersebut sangat penting untuk keperluan pengurusan mereka(masyarakat_red) dalam hal apapun, “terang kepala dinas H. Pittor diruangan kerja, selasa(12/1/2016).

Administrasi kependudukan ini meliputi pembuatan Kartu Tanda Penduduk(KTP), Akta Kelahiran, Akta Kematian serta Akta Nikah bagi yang Non Muslim. Setiap kesempatan pertemuan apapun itu baik di desa maupun di puskesmas pihak dinas selalu mengingatkan dan pengurusannya juga bisa dititipkan melalui perangkat desa setempat terus di bawa ke Kami(Dukcapil_red) tanpa masyarakat jauh-jauh datang ke Koba. Makanya pihak desa juga harus turut andil bila perlu datang langsung kerumah yang bersangkutan, “ungkapnya.

Untuk pembuatan Akta Kelahiran ini kami menargetkan di Tahun 2016 ini anak yang berumur Nol sampai 18 Tahun harus tercapai 80 persen sudah punya Akta Kelahiran. Jadi, setiap anak yang baru lahir bisa langsung diurus sama bidan desa maupun puskesmas setempat agar lebih memudahkan para orangtua dalam mendapatkan Akta Kelahiran tersebut, terang H.pittor.
Disinggung mengenai adanya masyarakat yang mempunyai KTP ganda, beliau mengatakan bahwa sekarang sangat sulit untuk hal itu karena sekarang sistemnya sudah canggih, dan apabila ada ditemukan pasti itu KTP lama selain e-KTP. KTP lama tersebut otomatis tidak bisa diberlakukan lagi walaupun masa jangka waktunya masih berlaku. Karena sudah ada aturannya menyatakan demikian, “Tuturnya dengan semangat.

Beliau juga berharap, “bagi masyarakat yang salah satu anggota keluarganya meninggal dunia segeralah melapor dan akan kami buatkan akta kematiannya, pihak desa juga ikut membantunya atau melapor secara periodik mengenai kelengkapan administrasi kependudukan di Desa tersebut, “tutupnya.

Sumber: 
http://mediababel-online.com/2016/01/13/dukcapil-bateng-giat-lakukan-sosialisasi/

Berita

12/03/2019 | http://bangka.tribunnews.com/2019/02/22/bupati-bangka-tengah-ibnu-saleh-lauching-program-sadar-adminitrasi-kependudukan
04/01/2019 | http://bangka.tribunnews.com/2018/12/27/dukcapil-bangka-tengah-gelar-pelayanan-administrasi-kependudukan-di-dua-pasar-jelang-pemilu-2019
16/12/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bangka Tengah
27/11/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bangka Tengah
23/11/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bangka Tengah
09/11/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bangka Tengah
07/11/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah
22/10/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bangka Tengah