GELAR ISBAT NIKAH DITENGAH PANDEMI, DINDUKCAPIL BANGKA TENGAH BEKERJASAMA PENGADILAN AGAMA SUNGAILIAT BERIKAN BUKU NIKAH KE 160 PASANGAN

Kilas balik tahun 2020 membuat banyak kerugian yang berdampak pada masyarakat karena kurangnya kegiatan lapangan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah, yang biasanya banyak membantu keresahan masyarakat terhadap pengurusan administrasi kependudukan.

Mengawali tahun 2020 dengan pandemic covid 19 ada program kegiatan antara DINDUKCAPIL Bangka Tengah bersama Pengadilan Agama Sungailiat yang telah dimulai dari tahun 2010 diawali dengan program nikah massal. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk membantu sepasang suami – istri yang telah menikah secara agama tetapi belum mendapatkan buku nikah secara legal dan diakui oleh pemerintah, serta membantu sepasang suami – istri yang telah memiliki anak dan telah memiliki akte lahir anak tetapi nama ayah mereka tidak tercantumkan dengan biaya keikutsertaan GRATIS.

Melandasi kegiatan yang telah rutin dilaksanakan itu guna membantu masyarakat, DINDUKCAPIL Bangka Tengah bekerja sama dengan Pengadilan Agama Sungailiat menjaring pasangan suami istri yang telah menikah dibawah tangan dengan usia pernikahan 5 tahun keatas boleh mengikuti kegiatan isbat nikah dengan catatan telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan.

Tahun 2020 kemarin kegiatan ini dilaksanakan dikecamatan Lubuk Besar, Koba, Pangkalanbaru, Namang, Simpang Katis, dan Sungai selan telah terdata sebanyak 160 pasangan yang berhasil mengikuti seleksi dan telah mendapatkan buku nikah serta dokumen kependudukan lainnya.

Diwawancarai diruangannya Jhoni Fontana, SH selaku Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil mengungkapkan tahun 2020 kemarin kecamatan yang paling banyak mengirimkan pasangan suami istri untuk mengikuti isbat nikah yakni ; Koba, Simpang Katis, dan Sungai Selan. “ saya berharap agar ditahun kedepannya nanti didaerah kita Bangka Tengah dapat dibangun Pengadilan Agama agar kegiatan isbat nikah dikemudian hari nanti tidak lagi harus bekerja sama dengan pengadilan agama sungailiat karena menimbang lokasi dan kepengurusan administrasi yang terkadang menjadi kendala terhadapa efisiensi waktu dari program isbat nikah ini ” ujarnya saat diwawancarai.

Sumber: 
Jhoni Fontana, SH
Penulis: 
Zulkifli Puang Beta

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah pengiriman spam otomatis.

Berita

GELAR ISBAT NIKAH DITENGAH PANDEMI, DINDUKCAPIL BANGKA TENGAH BEKERJASAMA PENGADILAN AGAMA SUNGAILIAT BERIKAN BUKU NIKAH KE 160 PASANGAN