Lagi lagi, Dindukcapil dilibatkan dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental KKN UBB 2018

NAMANG, (10/08/2018) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah perubahan secara cepat dalam cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai strategis yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan, agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat. Sejak resmi digulirkan dan terus berjalan dalam waktu dua tahun terakhir, GNRM terus menyebarkan gerakan sosial masuk ke semua lini lapisan.

 

Pada kesempatan ini Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung (KKN UBB) 2018 mengambil tema Keterbukaan Informasi Publik terkait Prosedur dan Biaya Pengurusan Administrasi Pembuatan KTP-el. Pada kesempatan kali ini,  siswa dan siswi dari SMA Negeri 1 Kecamatan Namang yang berdomisibe di Desa Belilik Kecamatan Namang sebagai peserta sosialisasinya. 

 

Diskusi kali ini berhubungan dengan pengertian, prosedur, biaya dan manfaat dari KTP el itu sendiri. Seperti kita tahu bahwa e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:


1. Identitas jati diri tunggal


2. Tidak dapat dipalsukan


3. Tidak dapat digandakan


4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada

 

Struktur e-KTP terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak.

Sumber: 
Ferdiansyah, S. Kom
Penulis: 
Ferdiansyah, S. Kom
Fotografer: 
KKN UBB 2018
Editor: 
Ferdiansyah, S. Kom
Tags: 
KKN UBB 2018 ktp el

Berita

07/08/2018 | Ferdiansyah, S. Kom
16/04/2018 | http://www.rakyatpos.com/disdukcapil-maksimalkan-pelayanan-melalui-sinovik.html/
20/03/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah
26/01/2018 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah
13/01/2018 | http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/sekretaris-ditjen-apresiasi-cakupan-kepemilikan-akta-kelahiran
15/12/2017 | http://infoduk.babelprov.go.id/content/laporan-perkawinan-wajib-disampaikan-ke-dinas-kependudukan-dan-pencatatan-sipil
01/11/2017 | Ditjen Dukcapil Kemendagri RI
23/09/2017 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah