Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas Pokok & Fungsi: 

TUGAS membantu Sekretaris Dinas dalam memimpin, menyelenggarakan, mengatur, membina, mengendalikan, mengoordinasikan, memantau, mengevaluasi, dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pada Subbagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan lingkupnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. FUNGSI a. penyusunan rencana Subbagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan rencana kerja dinas; b. pelayanan urusan umum yang meliputi : 1. perlengkapan, rumah tangga, surat menyurat, protokol, hubungan masyarakat dan pengelolaan administrasi umum lainnya; 2. penyusunan kebutuhan rencana anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian; 3. pengiriman, pencatatan dan penyerahan surat, penomoran dan pengendalian, penelitian kebenaran terhadap isi surat, tujuan surat dan kelengkapan lampiran surat; 4. penyelesaian surat-surat DINDUKCAPIL meliputi pendistribusian sesuai disposisi pimpinan, pengetikan, penyelesaian dengan komputer, penataan dan penyimpanan serta penyusunan arsip; 5. penyediaan alat tulis kantor, penggunaan stempel dinas, operator telepon dan faksimile, perpustakaan, pramu-tamu, dan pengemudi kendaraan opersional DINDUKCAPIL; 6. penyelenggarakan administrasi barang inventarisasi dinas mulai dari rencana kebutuhan, penggunaan dan perawatan serta inventaris ruangan sampai penghapusan inventaris; 7. penyelenggaraan urusan rumah tangga DINDUKCAPIL meliputi kebersihan dan perawatan kantor, pengaturan rapat dinas dan tata usaha pimpinan, pengaturan penggunaan/penanggung jawab rumah dinas, kendaraan dinas termasuk perpanjangan STNK serta sewa rumah dinas; 8. pengelolaan administrasi perlengkapan dan urusan rumah tangga; 9. penyelenggaraan kegiatan keprotokolan, hubungan masyarakat, serta pembuatan dan penyampaian laporan kegiatan berkala seluruh bidang di lingkungan DINDUKCAPIL kepada Kepala Dinas; 10. penyiapan bahan dan menyusun penataan organisasi dan tata laksana; 11. pemberian pelayanan administrasi kepada seluruh bidang di lingkungan DINDUKCAPIL; c. pelaksanaan dan pelayanan urusan kepegawaian yang meliputi : 1. pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan memeliharaan data kepegawaian; 2. penyusunan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan Daftar Penilaian Kinerja; 3. pengusulan kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil; 4. pengusulan kenaikan gaji berkala Pegawai Negeri Sipil; 5. pengusulan cuti Pegawai Negeri Sipil maupun non Pegawai Negeri Sipil; 6. pengusulan pemberian penghargaan; 7. pengusulan Pegawai Negeri Sipil maupun non Pegawai Negeri Sipil berprestasi; 8. pengusulan batas usia pensiun; 9. pengusulan peninjauan masa kerja; 10. pelaksanaan penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil maupun non Pegawai Negeri Sipil; 11. penganalisis kebutuhan jumlah Pegawai Negeri Sipil maupun non Pegawai Negeri Sipil; 12. pengusulan penambahan/pengurangan jumlah tenaga Pegawai Negeri Sipil maupun non Pegawai Negeri Sipil; 13. penganalisis/pengkajian bidang kepegawaian; 14. pelaksanaan fasilitasi pengisian angka kredit bagi tenaga fungsional tertentu; 15. pengusulan penerbitan kartu pegawai, kartu istri/suami, kartu Askes/BPJS, Taspen; 16. fasilitasi dan penyiapan bahan dalam rangka pengisian DP3 atau Sasaran Kinerja Pegawai (SKP); 17. penyiapan bahan pertimbangan pimpinan/Kepala Dinas untuk perkawinan dan atau perceraian Pegawai Negeri Sipil; 18. pengusulan rencana kebutuhan pegawai; dan 19. penyelenggaraan daftar kehadiran pegawai; d. pengoordinasian tugas staf yang ada di bawah pengawasan subbagian umum dan kepegawaian; e. pelaksanaan pengelolaan urusan umum dan kepegawaian; f. pelaporan hasil pelaksanaan tugas program dan kegiatan kepada atasan; g. pemberian saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Dinas tentang langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya; h. penilaian hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier; i. pembinaan pegawai/staf yang ada dibawahnya; j. pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas bawahan agar sasaran dapat tercapai sesuai dengan program dan kegiatan berdasarkan ketentuan yang berlaku; dan k. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Program Kerja: 

-

Data Staf: 
Data Staf
NO.NAMANIPFOTO
1. Sopian -
Foto Staf: 

Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian